Asteroid Hantam Bumi

Begini Dampaknya Jika Asteroid Hantam Bumi
Asteroid RC 2014 bisa membuat bumi gelap gulita.

ilustrasi-asteroid-dekati-bumi

Ilustrasi asteroid dekati Bumi.
Sebuah batu meteor kecil menghantam wilayah di Nicaragua. Meski kecil, meteor itu bisa membuat lubang kawah berukuran 20 meter. Meteor itu dipercaya berasal dari serpihan Asteroid RC 2014 yang melintas dekat dengan bumi. Jika meteor kecil saja bisa membuat lubang besar, bagaimana jika asteroid induknya yang menghantam bumi?

Sebuah proyek bernama The Killer Asteroid dibuat oleh National Science Foundation di Washington bersama dengan NASA. Proyek itu bisa mendemonstrasikan efek dan kekuatan ledakan, serta seberapa besar kerusakan yang terjadi saat asteroid menghantam bumi.

Dengan menggunakan plugin Google Earth, kalkulator Asteroid itu memungkinkan pengguna memilih jenis penghancur bumi, baik komet maupun asteroid, berikut dengan pilihan ukuran, mulai dari kecil, medium hingga besar. “Kalkulator” itu akan memprediksikan ledakan dan dampak kerusakan sesuai dengan ukuran benda langit yang dipilih.

Untuk memudahkan pengenalan secara umum, proyek ini menamakan asteroid-asteroid itu sesuai dengan ukuran. Asteroid kecil disamakan dengan ukuran sebesar bus dengan lebar sekitar 2,4 meter dan terbuat dari baja. Sedangkan ukuran medium disamakan dengan tiga kali ukuran lapangan bola dengan lebar 329 meter. Untuk asteroid ukuran lebar berukuran 1.931 meter dengan kecepatan 20 kilometer per detik.

Dalam simulasi itu juga ada komet es kecil dengan ukuran 109 meter dan berjalan 50 kilometer per detik. Komet ukuran medium, yang juga terbuat dari es dan bergerak 50 kilometer per detik, memiliki lebar 965 meter. Sedangkan komet es besar dalam proyek itu berukuran lebar 9.656 meter.

Dilansir melalui Daily Mail, Rabu, 10 September 2014, pengguna bisa memilih satu di antara asteroid atau komet tersebut. setelah itu tentukan sendiri lokasi perhentian benda luar angkasa itu secara sembarang. Usai memilih lokasi pendaratan, tekan tombol “Go” maka sebuah animasi akan menampilkan simulasi ledakan dan dampak yang ditimbulkan dari hantaman asteroid.

Estimasi asteroid RC 2014 hantam bumi

Sebagai contoh, jika ada komet besar yang menghantam wilayah Atlanta maka akan banyak serpihan yang terlempar di udara dan cukup membuat langit di wilayah itu gelap. Peta ini juga menunjukkan bila komet besar bisa membuat kepunahan di bumi. Komet inilah yang telah memusnahkan dinosaurus. Untungnya, fenomena ini hanya terjadi miliaran tahun sekali.

Simulasi lain, dengan menggunakan asteroid kecil yang menghantam London, memunculkan kawah seukuran taman Saint James di wilayah barat dan sekitarnya.

Semua estimasi ini didasari perhitungan yang dirancang oleh Prof. Robert Marcus dan tim peneliti lainnya di Purdue University, London. Perangkat kalkulasi ini memungkinkan pengguna memilih ukuran dan kecepatan benda luar angkasa.

Simulai itu pun mempertunjukkan adanya ledakan dahsyat saat asteroid 2014 RC menghantam bumi. Jika disesuaikan dengan hitungan kecepatan, sudut dan kepadatan saat menuju bumi maka asteroid itu akan hancur di ketinggian 63.100 meter dari permukaan bumi.

Ledakan itu akan memenuhi lapisan awan di ketinggian 23.100 meter. Semua menjadi gelap. Dampak ledakan itu akan memenuhi udara dalam waktu 1.17 menit. Intensitas suara ledakan pun akan mencapai 51dB. (ms)

About Bombo Unyil

Anak dirantau, sendiri , disini , di Dunia Maya
This entry was posted in Teknologi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s