Fenomena Astronomi Terindah di Tahun 2014

Fenomena Astronomi Terindah di Tahun 2014 –
Fenomena Astronomi tahun ini tidak akan kalah dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini kita akan menjumpai banyak fenomena menarik seperti Supermoon, . Berikut beberapa fenomena astronomi yang akan di jumpai tahun ini:
 
1.Bintang Terang Regulus Akan Lenyap Untuk Sementara (20 Maret 2014)
 
Suatu peristiwa langit yang sangat langka diperkirakan akan hadir ketika sebuah asteroid secara singkat akan menyembunyikan salah satu bintang paling terang di langit dari pandangan kita.Asteroid yang dimaksud adalah 163 Erigone, dan bintangyang akan disembunyikan adalah Regulus, di konstelasi Leo.
 
Fenomena ini akan terlihat disepanjang jalur yang memiliki lebar 40 mil dari NewYork City ke Oswego di Amerika Serikat, dan terus ke barat laut Ontario, Kanada.
 
Untuk melihat fenomena ini,anda tidak perlu menggunakan teleskop atau teropong (sayang Indonesia ga kebagian).Regulus akan kembali terlihat sekitar 12 detik kemudian (walaupun singkat,tapi ini tetap menjadi fenomena astronomi yang sangat langka).
 
2. Mars Dan Gerhana Bulan (14-15 April 2014)
 
Pada tanggal 14 April,Mars akan mendekat ke Bumi pada jarak 57.400.000 mil (92.400.000 km).Ini adalah pendekatan Mars terdekat dengan Bumi sejak 2008 silam.
 
Sepanjang malam, Mars akan menyerupai bintang yang menyilaukan yang bersinardengan warna api, kecerahan akan menyamai Sirius, bintang yang paling cerah darisemua bintang di langit malam Bumi.Sebagai bonus, pada malam yang sama(sebenarnya dini hari,15 April),Amerika Utara akan menyaksikan gerhana bulan totalsaat bulan purnama akan tenggelam dalam bayang-bayang bumi. 
 
3. Gerhana Cincin, (28-29 April 2014) Yang Kemungkinan Hanya Dapat Dilihat Oleh Pinguin
 
Gerhana Annular (cincin) ini mungkin hanya akan disaksikan oleh Pinguin,pasalnya karena akan terjadi di wilayah tak berpenghuni di Wilkes Land di Antartika. Sebuahgerhana matahari parsial juga akan terlihat di Australia.
 
4. Hujan Meteor Cerah Dari Jejak Debu Komet (P/209 LINEAR)
 
Pada hari Sabtu (24 Mei) planet kita diperkirakan akan menyapu sejumlah besar jejakdebu yang tertinggal di ruang angkasa oleh komet kecil (dikenal sebagai P/209LINEAR).Fenomena ini akan menyebabkan “hujan meteor”
 
5. Supermoon 2014 (10 Agustus 2014)
 
Pada tanggal 10 Agustus,Bulan akan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi yakni sekitar 221.765 mil (356.896 km).Pada saat itu, Bulan akan terlihat sangat terang dan besar sehingga di juluki “Supermoon”.Fenomena ini akan menyebabkan pasang surut air laut (sangat rendah ke sangat tinggi) selama beberapa hari ke depan.
 
6. Gerhana Bulan (8 Oktober 2014)
 
Gerhana ini akan dapat dinikmati di bagian barat Amerika Utara, Kepulauan Hawaii,Asia Timur, Selandia Baru ,bagian timur Australia dan Indonesia (akhirnya dapat jatah juga).
 
7. Pertemuan Mars Dan Komet (19 Oktober 2014)
 
Mungkin ini fenomena astronomi paling top di tahun 2014 menurut versi astronesia.Semua mata akan mengerah ke planet Mars pada saat Komet C/2013 A1(Siding Spring) yang ditemukan oleh Robert H. McNaught di Australia’s Siding Spring Observatory, akan melintas sangat dekat dengan Mars.Komet ini akan sangat dekat dengan Mars yang akan menciptakan hujan meteor yang sangat spektakuler di permukaan Mars.
 
8. Gerhana Matahari Parsial (23 Oktober 2014)
 
Bayangan penumbra bulan akan jatuh lebih banyak di Amerika Utara serta Siberiatimur, menghasilkan gerhana matahari parsial. Gerhana terbesar, dengan lebih dari empat perlima diameter matahari tertutup oleh bulan, akan terjadi pada M’ClintockChannel, sebuah lengan dari Samudra Arktik yang memisahkan Pulau Victoria dariPrince of Wales Island di Wilayah Nunavut, Kanada.

About Bombo Unyil

Anak dirantau, sendiri , disini , di Dunia Maya
This entry was posted in Teknologi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s