Galaksi Terkecil ini Punya Lubang Hitam Monster

galaksi m60-ucd1

Galaksi Kerdil M60-UCD1

Astronom dengan menggunakan teleskop Hubble menemukan sesuatu yang sangat mengejutkan bahkan terbilang hampir mustahil yakni sebuah galaksi kecil tapi mempunyai lubang hitam supermasif yang besarnya 5 kali lipat dari lubang hitam galaksi Bima Sakti. Galaksi M60-UCD1 ini adalah rumah dari lubang hitam supermasif itu. Galaksi M60-UCD1 terletak sekira 50 juta tahun cahaya dari Bumi dan merupakan galaksi terkecil yang pernah ditemukan astronom. Diameter galaksi ini hanya 300 tahun cahaya atau 1/500 dari diameter Bima Sakti, namun keadaan di dalamnya begitu padat dan ramai karena memiliki sekira 140 juta bintang.

Pertanyaan yang muncul di benak para astronom saat ini adalah mengapa bisa ada lubang hitam super raksasa di dalam galaksi kecil itu?.

UCD (Ultracompact Dwarf Galaxy) merupakan suatu kategori galaksi kecil, tapi apa yang ada pada M60-UCD1 diluar kewajaran karena jumlah bintang yang begitu banyak dan lubang hitam super monster berada di tengahnya. “Kami telah melakukan sebuah studi yang menunjukkan bahwa banyaknya bintang di dalam galaksi ini disebabkan karena adanya lubang hitam ini, tapi itu masih sebatas teori. Sekarang dengan mempelajari pergerakan bintang-bintang di galaksi M60-UCD1, kami telah mendeteksi akibat dari keberadaan lubang hitam raksasa ini. Hal ini sangat menarik, berapa banyak galaksi kategori UCD yang seperti ini?,” ucap Steffen Mieske dari European Southern Observatory di Chile.

lubang hitam super besar di tengah galaksi m60-ucd1

Ilustrasi lubang hitam (black hole) supermasif di tengah galaksi M60-UCD1.

Lubang hitam super besar di tengah galaksi itu merupakan 15 persen dari massa total galaksi dan itu 5 kali massa lubang hitam galaksi Bima Sakti. Hal itu mengejutkan sebab Bima Sakti lebih besar 500 kali lipat dari M60-UCD1 dan massanya lebih besar 1000 kali lipat,” kata Anil Seth dari University of Utah. “Penemuan ini menunjukkan bahwa galaksi kecil / kerdil sebenarnya bisa merupakan sisa-sisa galaksi besar yang tercabik-cabik saat bertabrakan dengan galaksi lain,” tambah Seth.

Salah satu penjelasan mengenai galaksi aneh ini adalah bahwa sebelumnya galaksi ini merupakan galaksi besar yang berisi lebih kurang 10 miliar bintang dengan lubang hitam super masif di tengahnya. Galaksi tersebut kemungkinan berada terlalu dekat dengan galaksi tetangganya yang jauh lebih besar yakni M80 (NGC 4649),” kata Remco van den Bosch dari Max Plack Institue for Astronomy di Heidelberg, Jerman. “Dalam proses tersebut bagian luar dari galaksi akan ‘robek’ dan memisahkan diri kemudian bergabung dengan M60. Kemudian sisanya menjadi galaksi M60-UCD1 ini,” tambah Bosch.

Astronom yang terlibat dalam penelitian ini mempercayai bahwa suatu saat nanti M60-UCD1 akan bergabung dengan M60 untuk membentuk sebuah galaksi tunggal. Messier 60 (M60) sendiri merupakan galaksi yang memiliki lubang hitam supermasif dengan massa 4,5 miliar kali massa Matahari kita dan besarnya 1000 kali lebih besar dari massa lubang hitam galaksi Bima Sakti. Jika kedua galaksi tersebut bergabung, maka lubang hitamnya juga ikut bergabung dan menghasilkan sebuah lubang hitam super monster yang mengerikan

About Bombo Unyil

Anak dirantau, sendiri , disini , di Dunia Maya
This entry was posted in Teknologi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s