Lima Tahun Lagi Galaksi Bima Sakti Dimakan Galaksi Andromeda

galaksi bima sakti bergabung bertabrakan dengan galaksi andromeda

Ilustrasi galaksi Bima Sakti bergabung / bertabrakan dengan galaksi Andromeda. Klik gambar untuk memperbesar. Image credit: NASA, ESA

Seperti yang sudah diketahui bahwa semua galaksi membutuhkan materi untuk membentuk Bintang-bintang. Pada galaksi tua seperti Bima Sakti, materi pembentuk Bintang seperti gas dan debu sudah sangat berkurang sehingga kemampuan galaksi untuk membuat bintang juga berkurang. Untuk memenuhi “hasrat” nya, galaksi besar seperti Bima Sakti cenderung untuk memakan galaksi lain di dekatnya yang berukuran lebih kecil untuk memperoleh materi pembentuk Bintang.

“Galaksi Bima Sakti belum bergabung dengan galaksi besar lainnya, tapi kita bisa melihat sisa-sisa galaksi lain yang dimakan oleh Bima Sakti,” ungkap Dr Aaron Robotham seorang astronom dari University of Western Australia. Dr Robotham memimpin sebuah survei langit untuk meneliti penggabungan galaksi dan hasilnya ia menemukan lebih dari 22 ribu penggabungan galaksi. “galaksi Bima Sakti akan memakan galaksi kerdil seperti Awan Magellan besar dan kecil, untuk kemudian pada 5 miliar tahun kemudian, galaksi Bima Sakti akan dimakan oleh galaksi Andromeda yang ukurannya dua kali ukuran galaksi Bima Sakti.

Bukan tidak mungkin nantinya alam semesta ini hanya akan terdiri dari beberapa galaksi raksasa karena mereka saling memakan satu sama lain, tapi itu membutuhkan waktu yang sangat-sangat lama untuk ukuran manusia.

About Bombo Unyil

Anak dirantau, sendiri , disini , di Dunia Maya
This entry was posted in Misteri and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s