Penemuan Astronomi Tahun2013

penemuan menakjubkan bagi bidang astronomi sepanjang tahun2013:

1

FOTO yang menunjukkan satelit Voyager 1 milik NASA meninggalkan sistem tatasurya untuk memasuki ruang antara bintang.: NASA/JPL-Caltech.

2

foto lokasi umum dua satelit Voyager milik NASA. Voyager 1 (atas) telah berada di luar gelembung tatasurya kita ke dalam ruang antara bintang. dikitarannya masih merasakan pengaruh tatasurya. Voyager 2 (bawah) masih berada dilapisan luar gelembung tatasuria. foto ini dirilis pada 12 September 2013. : NASA / JPLCaltech

Setelah hampir 35 tahun mengangkasa, astronom mengabarkankan pada tahun ini yang satelitVoyager 1 milik NASA telah sampai di ruang antara bintang pada Agustus 2012. Oleh kerana sistem tatasurya tidak mengandung tanda-tanda seperti ” Ada Di Sini “,para astronom  bergantung kepada ledakan tatasuria yang berkekuatan tinggi untuk menentukan berapa molekul-molekul di dalam ruang angkasa di sekitar satelit itu.

Dengan peralihan ke dalam ruang antara bintang , Voyager 1 menjadi satelit pertama meninggalkan sistem tatasurya yang berada di belakangnya, menjadikanya satu peristiwa penting di dalam sejarah luar angkasa. Pada saat  ini satelit tersebut berada kira-kira 18.76 juta kilometer dari Matahari.

Neutrinon ruang angkasa ditemui di Antartika

3

Foto neutrinon yang paling tinggi pernah dilihat (1.14 petaelectronvolts), yang dinamakan oleh para astronom sebagaiErnie’. dilihat dari Balaicerap IceCube Neutrinon di Kutub Selatan pada 3 Januari 2012.Foto ini dikeluarkan pada 21 November 2013. : Icecube Collaboration.

Para Ahli Fizika di Antartika menemukan bukti pertama sinar kosmik dari luar sistem tatasurya. Sinar-sinar bertenaga pada dasarnya adalah sulit untuk dilacak, jadi para ilmuwan bergantung kepada penemuan neutrinon yang dihasilkan sebagai sinar-sinar kosmik yang berinteraksi dengan sekitarnya.
Dari ribuan juta neutrinon yang melalui satu sentimeter persegi  kawasan Bumi disetiap saat, hanya beberapa saja yang sebenarnya berinteraksi dengan lingkungan yang ada.

Tetapi dengan menggunakan balaicerap IceCube Neutrino, satu alat di tanam di satu kilometer padu salju di bawah Kutub Selatan, di mana ahli fizika dapat melacak dua peristiwa neutrinon yang berasal dari luar sistem tatasurya, penemuan yang pertama sejak tahun 1987 ( dan peristiwa itu satu juta kali lebih kuat daripada yang sebelumnya ). Walaupun peristiwa itu kecil untuk menentukan asal-usul sinar kosmik, namun diduga supernova , letusan sinar gamma, dan lobang hitam, diduga juga membuka gerbang baru untuk kita lebih memahami mengenai peristiwa-peristiwa hebat yang terjadi di  alam semesta.

Planet Mars kuno pernah ada kehidupan

Tujuh bulan setelah pendaratan yang menakjubkan di Mars, rover Curiosity milik NASA menemukan tanda-tanda di Mars  ada kehidupan dalam bentuk mikroba primitif. Penentuan itu dibuat setelah peralatan-peralatan di rover itu mengidentifikasi dengan pasti beberapa bahan utama yang diperlukan untuk kehidupan di dalam batuan Mars. Curiosity tidak mencari kehidupan di Marikh pada saat ini, tapi hanya tanda-tanda potensi Planet Merah itu mempunyai  lingkungan  yang bisa ditinggali pada masa lalu.

4

Bebatuan Mastcam pada pembentukan Yellowknife Bay. Ini adalah satu pemandangan dari sebagian yang terdeteksi melalui Sheepbed, danau Gillespie, dan sebagian dasar Glenelg. Lokasi lubang-lubang yang digerus karena pengukuran oleh Alpha Particle X-Ray Spectrometer ditunjukkan dalam foto ini.

Pada bulan Desember, Curiosity mengumumkan bukti asanya sebuah danau air tawar di Mars berdekatan dengan garis katulistiwa planet itu yang bisa memberi kehidupan untuk jangka waktu yang lama.Danau itu mungkin ada kira-kira 3.7 juta tahun yang lalu, jauh lebih  dari yang diperkirakan ilmuwan sebelum ini mengenai keberadaan lingkungan yang bisa ditinggali di Mars.

Baru-baru ini, para ilmuwan telah menggunakan Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA untuk menentukan bahawa jalur gelap di garisan katulistiwa bisa menunjukkan keberadaan aliran air asin di Mars ketika planet itu berada di dalam bulan-bulan yang lebih panas dari saat ini. Tanda-tanda keberadaan  air di planet itu sebelum ini adalah terbatas di bagian kutub, manakala kawasan katulistiwa dianggap betul-betul kering. Secara keseluruhannya , Mars sedang membentuk untuk menjadi tempat jauh yang bisa ditinggali setelah penemuan tahun 2013.

Hampir sebagai kembaran Bumi

5

Illustrasi  perbandingan antara Bumi dan Kepler -78b, planet  di luar sistem tatasurya yang seakan kembar dengan Bumi yang pernah ditemukan.  : David A. Aguilar (CfA)

Pada akhir Oktober, para ilmuwan mengumumkan penemuan eksoplanet yang seakan-akan sama dengan Bumi, dari segi ilmu pengetahuan dan komposisinya. Planet yang disebut sebagai Kepler- 78b, hanya 20 persen lebih besar dan 80 persen lebih berat daripada Bumi, dan mempunyai keadaan yang hampir sama. Tetapi mempunyai iklim dan lingkungan yang berbatu, kerana ia mengorbit pada bintangnya sekali setiap 8.5 jam, pada jarak kira-kira 1.5 juta kilometer, dengan suhu permukaan hingga lebih dari 2,000 derajat Celsius.

Penemuan ini tidak lama setelah jumlah planet di luar sistem surya yang disahkan mencapai 1,000, satu peristiwa penting sejak planet pertama di luar sistem tatasurya ditemukan 20 tahun lalu. Tetapi  jumlah planet ini pastinya akan bertambah. Dari hampir 3,600 calon planet  yang diumumkan oleh satelit Kepler milik NASA, hanya lebih 150 yang telah disahkan.

Tetapi ahli astronomi tidak akan berpuas hati dengan meningkatnya jumlah planet-planet di luar sistem tatasurya, mereka ingin mengetahui lebih dalam mengenai benda-benda asing di jagat raya ini. Pada awal Oktober, ilmuwan mengumumkan bahawa mereka telah menghasilkan pengukuran pertama bagi planet di luar sistem tatasurya. para ilmuwan menggunakan satelit Kepler dan teleskop inframerah Spitzer untuk mengetahui lebih dalam Kepler 7-b, sebuah planet berukuran Merkurius yang mengorbit berdekatan bintang dalam tata surya nya.

Kematian komet abad ini

Dianggap sebagai ” komet abad ini” ditahun 2013, Komet Ison telah melewati Matahari pada 28 November 2013 sebelum pecah. Ditemukan pada September 2012, orbit komet ini mempunyai  persamaan yang jelas dengan Great Comet 1680, yang bisa dilihat di siang hari .ia mempunyai nukleus yang besar dan bisa memberikan persembahan yang menakjubkan pada tahun 2013.

Pengamat langit di seluruh dunia banyak memperharikan komet ini ketika ia muncul. Tetapi apabila komet melewati hanya 1.1 juta kilometer dari Matahari, tarikan gravitasinya dan debu yang sangat panas .atmosfir memecahkan komet itu menjadi debu dan gas , yang pada akhirnya hancur menjadi titik di mana hanya teleskop seperti Hubble dapat terus melihatnyanya.

6

Komet Ison datang dari bagian bawah kanan dan bergerak keluar dari arah kanan atas, menjadi semakin habis. Foto saat ini diambil oleh Solar and Heliospheric Observatory milik ESA / NASA pada 28 November 2013 . ESA / NASA / SOHO / SDO / GSFC

Para ilmuwan menentukan nukleus komet itu lebih kecil dari yang diperkirakankan sebelum ini , yang bisa mengakibatkan kehancuran bumi. Ketika komet sepanjang abad itu mungkin tidak menunjukkan akibat yang hebat, jaraknya yang dekat untuk tempoh masa yang lama membuat ahli astronomi profesional dan amatir mencari dan mendapat banyak  berita yang bisa menambahwacana  mengenai tingkah laku komet di dalam sistem tata surya .

Ledakan meteorid Chelyabinsk

7

Sisa ledakan meteor yang melewati langit Chelyabinsk pada Februari tahun lalu, melukai ratusan orang, merusakan ratusan bangunan, dan menjadikan Bumi sebagai sasaran dari sisa-sisa batu dari luar angkasa.

Pada 15 Februari 2013, meteor meledak di wilayah Chelyabinsk Rusia, yang ledakanya kira-kira  1,500 kilometer timur Moscow. Disebut sebagai Bolide, komet tersebut meletus dan melukai ratusan orang dan merusakkan ratusan bangunan. Batu berukuran 17 meter itu membuat ledakan lebih daripada 470 kiloton TNT.

Kebanyakan cedera disebabkan dari ledakanan tidak diperkirakan karena  bebtuk dari pecahan itu seperti kaca yang jatuh, peristiwa itu membuat perhatian dunia teralihkan pada potensi ancaman dari sisa batu dari luarangkasa. Disebabkan asteroid yang lebih kecil seperti yang menyebabkan ledakanan di Rusia  sulit dan menantang untuk dilacak, kebanyakan penyelidikan sampai ini lebih memberi tumpuan kepada sisa-sisa yang lebih besar yang bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah jika bertabrakan dengan Bumi.

About Bombo Unyil

Anak dirantau, sendiri , disini , di Dunia Maya
This entry was posted in Teknologi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s