Kamuflase Unik burung Cinereous Mourner

Setiap hewan tentu tak selalu memiliki serangan mematikan untuk melindungi diri dari musuhnya. Sebagian dari mereka juga memiliki cara cerdik untuk melindungi diri, yakni dengan kamuflase.

Salah satu contoh kamuflase unik yaitu kamuflase burung Cinereous Mourner. Ia dapat berubah bentuk menyerupai ulat beracun untuk menakuti hewan lain yang mengancamnya.

Seperti dilansir odditycentral.com, burung asal amazon tersebut saat merasa terancam oleh para predator yang ingin memangsanya, ia melindungi diri dengan berkamuflase mengubah dirinya menyerupai seekor ulat bulu beracun.

Benar-benar mirip seperti ulat bulu beracun, seluruh tubuh burung Cinereous Mourner ditutupi bulu oranye dan yang paling khas adalah ujung bulunya berwarna putih terang yang juga sangat persis dengan ciri fisik ulat beracun. Tak hanya itu, agar terlihat sempurna kamuflasenya ia juga bisa menirukan gerakan ulat yang menggeliat.

Menurut Dr Gustavo Londoño, seorang ahli biologi di University of California, kamuflase tersebut sangat bermanfaat untuk melindungi sarang burung dari serangan predator. Melihat seekor ulat beracun, mungkin para predator cenderung menghindar dan enggan memangsanya.

Penasaran dengan kamuflase burung unik itu? Lihat videonya di sini.

About Bombo Unyil

Anak dirantau, sendiri , disini , di Dunia Maya
This entry was posted in Keajaiban and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s