Kreasi Alam yang Mengagumkan

Evogood.com: Alam semesta dengan berjuta-juta kreasi yang dimilikinya, dari berupa formasi atau tatanan dan hukum Sunatullah yang mengikat materi dan energi mikro hingga makronya adalah semata-mata hasil dari ciptaan Allah Swt.  

Begitu indah lukisan alam yang ada disekitar kita, dari yang sering kita lihat, pernah kita lihat, dan yang belum pernah kita lihat. Berikut lima kreasi alam yang mengagumkan.
1. Chocolate Hills
Bukit yang terletak di Provinsi Bohol, Phillipina ini, memiliki geologi yang unik dan mengagumkan. Bukit ini diberi nama Chocolate Hills ( Bukit Coklat ) karena bentuknya yang terbentuk dari batu karts ( Batu Gamping ) dan memiliki ketinggian bervariasi antara 30-120 M. 
en.kazgeo.kz
Pada umunya bukit memiliki bentuk menyerupai kerucut, tapi puncak dari bukit ini hancur yang disebabkan curah hujan, air permukaan, air tanah, dan erosi sub-aerial.
2. Balancing Rock, Digby
Balancing Rock adalah fenomena dimana bebatuan membentuk formasi yang seimbang secara alami bukan semata-semata rekayasa manusia. Dan diantara fenomena Balancing Rock ini, salah satu yang menarik adalah Balancing Rock yang berada di Teluk St. mary, Nova Scotia, Canada.Formasi yang terjadi pada batu ini benar-benar aneh. Bagaimana tidak, batu yang memiliki tinggi 30 m dapat berdiri selama ratusan tahun.  
plus.google.com
Batu berjenis basal Lummar ( Coastal Shores ) ini, membentuk tebing sepanjang Telut St. Mary dan Fundy. Formasi yang terjadi pada batu ini, disebabkan karena abrasi air laut, pengikisan angin, dan cahaya matahari dibuan tahun yang lalu.
3. The Great Blue Hole
Belize, adalah sebuah negara kecil yang terletak di pesisir timur Amerika Tengah. Negara Kecil ini, ternyata menyimpan sebuah kreasi alam yang sangat mengagumkan. The Gread Blue Hole, adalah lubang ( sinkhole ) yang berada di lautan lepas pantai Belize. 
http://www.travelchannel.com
Diameter lubang ini, berkisar 300 m dan memiliki kedalaman 124 m. Lubang ini terbentuk sekitar 60-150 ribu tahun lalu, yang disebabkan perubahan geohydrology yang menyebabkan bebatuan tanah retak, sehinggak menciptakan ronga. Menurut penelitian ahli geologi, deposit gua ini berformasikan bebatuan kapur berjenis karts.
4. Salar de Uyuni
Pegunungan andes, tepatnya sebelah barat bolivia, memiliki permukaan danau yang kering yang luasnya sekitar 10.000 m2. Permukaan danau ini dapat mengering dan meninggalkan kerak garam yang sangat melimpah. Air laut yang dangkal dan tidak adanya penghubung untuk kelaut lainya, menjadi penyebab keringnya danau ini. 
planetden.com
Menurut ahli geologi, danau yang mengandung natrium klorida, magnesium klorida, lithium klorida, dan boraks ini merupakan danau purba yang terbentuk sekitar 30.000-40.000 tahun yang lalu.Fenomena yang tidak kalah menariknya, sehingga dapat menarik perhatian wisatawan adalah ketika danau ini tertutup oleh air, permukaanya membentuk sebuah cermin yang datar dan terbesar di dunia.
5.The Eye of The Sahara 
Gurun Sahara juga memiliki kreasi alam yang mengagumkan, tepatnya di Gunung yang terletak di Gurun Shara Barat ini, mempunyai fenomena lingkaran yang menyerupai mata dengan diameter 50 km. Diduga, Kreasi alam ini adalah dampak dari tubrukan meteroit. Setelah diteliti lebih lanjut, membawa jawaban lain atas fenomena ini. 
en.wikipedia.org
Aktivitas geologis alami ( hidrotermal dan erupsi ) yang terjadi selama ribuan tahun inilah yang menjadi penyebab Kreasi alam ini.

About Bombo Unyil

Anak dirantau, sendiri , disini , di Dunia Maya
This entry was posted in Keajaiban. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s