Kiribati, Negara Pertama yang Sambut Tahun Baru

Kiribati.

Ketika matahari terbenam di tanggal 31 Desember tahun ini, dan dunia menunggu kedatangan tahun baru, sebuah negara kecil di sebelah timur sudah mulai merayakannya. Terletak di paling barat International Date Line, Republik Kiribati adalah salah satu tempat pertama kali sinar matahari terbit.

Republik Kiribati terdiri dari 33 atol dan pulau-pulau karang yang rendah di Samudera Pasifik tengah, dan tersebar di air dengan luas lebih dari 3,5 juta kilometer persegi. Negara ini terdiri dari tiga kelompok pulau.

Kepulauan Gilbert, Kepulauan Phoenix, dan Kepulauan Line. Secara geografis, Kepulauan Line terhubung langsung ke selatan dari pulau-pulau Amerika Serikat, seperti Hawaii. Yang secara logis harusnya berada di zona waktu yang sama.

Tapi hal itu tidak terjadi, karena International Date Line bukanlah garis lurus tetapi zigzag, dan selama bertahun-tahun telah bergeser karena berbagai alasan politik dan ekonomi.

Di Kiribati sendiri, misalnya, sebelum tahun 1995, terdapat International Date Line dengan kelompok pulau-pulau timur dan barat, yang memiliki perbedaan waktu cukup ekstrem yaitu 24 jam.

Dan itu dianggap sebagai gangguan ekonomi menjengkelkan bagi negara tersebut, karena hanya empat hari dalam seminggu, masing-masing mengalami hari kerja secara bersamaan, sehingga mengganggu bisnis yang berlangsung.

Untuk mengakhiri situasi ini, Presiden Kiribati pada tanggal 1 Januari 1995, International Date Line, bergerak ke arah timur untuk seluruh negerinya. Sehingga, Kiribati menjadi negara pertama yang menyambut sinar matahari terbit pertama kalinya setiap tahun.

Perubahan International Date Line juga menciptakan zona waktu baru, yaitu UTC +14 yang tidak ada sampai saat itu. Meskipun negara berwenang untuk mengubah zona waktu, banyak negara dan organisasi tidak mengenali perubahan tersebut.

International Date Line didirikan oleh perjanjian internasional, dan tidak ada perjanjian atau perjanjian formal terkait dengan garis. Negara-negara bebas untuk memilih waktu atau zona yang mereka inginkan.

Menurut zona waktu yang diterima saat ini, tempat pertama untuk menyambut tahun baru adalah Kiribati, diikuti oleh Tonga. Samoa Barat, dan Tokelau, negara berikutnya akan satu jam terlambat. Wilayah Selandia Baru Kepulauan Chatham dan Republik Fiji mengikuti dekat di belakang.

Kota besar pertama adalah Auckland, Selandia Baru, dan tempat terakhir untuk merayakan kedatangan tahun baru adalah berpenghuni Baker Island dan pulau Howland, milik Amerika Serikat.

via Amusing Planet

About Bombo Unyil

Anak dirantau, sendiri , disini , di Dunia Maya
This entry was posted in Dunia Maya. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s