Kecerdikan Abu Nawas

Kecerdikan Abu Nawas

Sudah lama Sultan Harun menyimpan dendam kepada Abu Nawas. Kekesalan itu membuatnya ingin mengakhiri hidup Abu nawas.
Pada suatu hari, Sultan mendadak teringat akan kesukaan Abu nawas yakni ayam panggang. Hal ini memberikannya sebuah ide buruk untuk membunuh Abu nawas. Ia bermaksud akan mengumpulkan orang-orang, termasuk para algojo, untuk menjebak Abu nawas.
cerita dan dongeng anak

Hari yang di tunggu-tunggu sang Sultan akhirnya tiba. Abu nawas beserta tamu lainnya datang untuk memenuhi undangan Sultan. Namun, saat akan menyantap ayam panggang, tiba-tiba salah seorang algojo datang dan berdiri di samping Sultan.

Melihat ada algojo ,Abu terdiam dan bertanya, “Apa maksdudnya ini Sultan?”

Sultan Harun tidak menanggapi pertanyaan dari abu nawas, dan kemudian memerintahkan kepada Abu nawas untuk menyantap ayam yang tersaji di hadapannya. Namun, semacam buah simalakama, jika dimakan atau tidak dimakan, Abu nawas tetap diancam hukuman sesuai perlakuannya terhadap ayam panggang tersebut.

Bila Abu nawas memakan bagian leher ayam, maka Sultan akan memotong lehernya. Bila Abu nawas memakan dada, maka Sultan akan menusuk dadanya. Bila Abu nawas memakan bagian paha, maka pahanya akan dipotong oleh Sultan.

“Dimakan atau tidak dimakan aku tetap saja akan terkena hukuman,” begitu  pikir Abu nawas di dalam hati. Ia pun merenung-renungkan jawabannya.

Sultan harun tersenyum kecut memandangi kebingungan Abu nawas.
Tiba-tiba Abu nawas mendapatkan akal. Segera ia menjilati seluruh bagian dari ayam panggang itu, mulai dari kepala sampai ke “belakang”.

Setelah menjilati seluruh ayam panggang tersebut, Abu berkata, “Sultan saya siap menerima perlakuan yang sama dari Sultan.”

Seketika itu pula, Sultan terdiam dan tidak mampu berkata apa-apa lagi. Hadirin dan para tamu yang menyaksikan pun geger dan tak kuasa menahan tawa. Mereka tak sanggup membayangkan Sultan akan menjilati tubuh Abu nawas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s