APIS

Apis merupakan salah satu nama dalam mitologi bangsa Mesir. Nama ini menunjuk pada seekor lembu jantan yang dianggap suci dalam mitologi masyarakat Mesir.

APIS

Apis termasuk dalam jejeran nama-nama hewan yang penting pada waktu mesir kuno.[1][2] Lembu ini dilahirkan dari pancaran cahaya yang mengalir dari Bulan.[1] Kelahirannya merupakan suatu masa di mana orang-orang Mesir bersukacita. Masa kematiannya terjadi setelah 25 tahun, Apis dikorbankan dan dibakar dalam suatu pertunjukkan yang besar.

Dalam masa itu, orang-orang Mesir akan bersedih dan akan mencukur kepalanya. Masa kedukaan tersebut akan berlanjut sampai muncul Apis yang baru.[1] Lembu jantan tersebut mempunyai tanda yang menunjukkan bahwa ia merupakan benar-benar Apis. Tanda itu berupa segitiga berwarna putih di bagian kepala, ada bentuk rajawali pada punggungnya, dan ada semacam benjolan pada lidahnya. Apis juga berwarna gelap.

Apis juga sering diidentikkan dengan kesuburan dan suatu regenerasi atau pembaruan.[2] Hal ini dikarenakan Apis mempunyai hubungan dengan dewa kebangkitan dan juga dewa kelahiran.Para dewa ini mengejawantahkan dirinya dan juga kuasanya kepada Apis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s