Makhluk Legendaris dalam Mitologi Yunani

25. Phyton 
Seringkali digambarkan dengan bentuk ular naga, Phyton menguasai seluruh Delphic oracle. Namun dia menjadi musuh dari dewa Olympian, yaitu Apollo, yang pada akhirnya membunuhnya lalu menguasaioracle.
24. Orthrus
Anjing berkepala dua yang bertugas menjaga gerombolan besar sapi merah. Orthrus dibunuh Heracles (Hercules) yang lalu mengambil sapi-sapi yang dijaganya sebagai bukti kemenangannya.
23. Ichthyocentaurs
Merupakan sepasang makhluk serupa centaurus yang menguasai lautan. Tubuh bagian atasnya berupa manusia, bagian bawah depan tubuhnya adalah tubuh kuda dan bagian ekornya adalah ekor ikan. Mereka dijadikan simbol astronomi untuk rasi bintang Pisces.
22. Scylla
Scylla adalah monster yang tinggal di lautan terusan sempit, berlawanan dengan tempat tinggal Charybdis. Dua sisi selat di lautan dikuasai dan ada dalam jangkauan satu sama lain. Begitu dekatnya sehingga para pelaut yang berusaha lari dari Charybdis maka akan lewat sangat dekat dengan tempat tinggal Scylla, bencana pun tidak terelakkan.
21. Typhon
Sering disebut “Ayah dari Semua Monster”, Typhon diyakini adalah monster paling mematikan dalam Mitologi Yunani.  Bagian atas tubuhnya sangat tinggi sehingga mencapai bintang-bintang, tangan-tangan nya menjangkau seluruh timur dan barat. Kepalanya bukan merupakan kepala manusia melainkan ratusan kepala naga yang keluar dari lehernya dan pundak-pundaknya.
20. Ophiotaurus
Ophiotaurus merupakan makhluk setengah sapi dan setengah ular. Isi perutnya dikatakan dapat memberikan kekuatan untuk mengalahkan para dewa bagi siapapun yang membakarnya.
19. Lamia
Lamia merupakan ratu cantik dari Libya yang dikutuk menjadi monster pemakan anak-anak. Dalam mitologi yunani, dia merupakan salah satu kekasih Zeus, dan hal ini menyebabkan istri Zeus, Hera menjadi cemburu kemudian membunuh semua anak-anak Lamia (kecuali Scylla yang telah terkutuk) dan menjadikannya seekor monster yang memburu dan memakan anak-anak manusia.
18. Graeae
Para Graeae adalah tiga saudari yang saling berbagi dalam menggunakan satu-satunya mata dan gigi mereka. Tidak mengherankan jika meraka tidak dikenal karena kecantikannya.
17. Echidna
Echidna yang memiliki tubuh setengah manusia dan setengah ular, disebut juga sebagai “Ibu dari Semua Monster”, karena kebanyakan monster dalam mitologi Yunani adalah keturunannya.
16. Singa Nemea (Nemean Lion)
Singa Nemea adalah monster ganas dalah mitologi Yunani yang tinggal di Nemea. Singa ini tidak dapat dibunuh oleh senjata manusia biasa karena bulu-bulu emas nya dapat menangkis semua serangan. Cakarnya lebih tajam dari pedang apapun dan dapat memotong semua jenis armor (baju baja). Singa Nemea pada akhirnya dibunuh oleh Heracles (Hercules).
15. Sphinx
Dengan badan singa, sayap burung, dan wajah wanita, Sphinx disebut sangat licik dan tanpa ampun. Mereka yang tidak dapat menjawab teka-teki yang diberikannya akan menderita dengan dibunuh oleh monster-monster buas yang kelaparan.
14. Erinyes
Secara harfiah dapat diartikan sebagai “pembalas dendam” dalam bahasa Yunani, yang dikenal sebagai dewi-dewi pembalas dendam. Dalam puisi Iliad, disebutkan bahwa Erinyes adalah “mereka yang berada dibawah bumi yang menghukum siapapun yang mengucapkan sumpah palsu”.
13. Charybdis
Merupakan anak dari Poseidon dan Gaia; Charybdis adalah makhluk yang seluruh wajahnya ditutupi mulutnya dan kaki dan tangannya adalah sirip. Charybdis menelan begitu banyak air tiga kali dalam sehari, lalu memuntahkannya lagi, yang membuat terbentuknya pusaran air besar yang mampu menenggelamkan kapal-kapal besar.
12. Harpy
Roh bersayap ini memiliki nama yang dapat diartikan: “mereka yang mencuri” dikenal dengan kegemarannya mencuri makanan. Faktanya, Zeus memerintahkan mereka untuk menghukun seorang raja bernama Phineus dengan menjebaknya di sebuah pulau dengan segerombol Harpy. Phineus seringkali tersiksa dengan sebuah sajian yang tidak dapat dia makan karena selalu dicuri para Harpy.
11. Satyr
Satyr memiliki beberapa ciri dari kambing, diantaranya kakinya dan tanduknya. Mereka sering digambarkan sedang bermain suling dan menggenggam segelas anggur merah. Mereka menggambarkan hidup tanpa masalah yang mereka jalani dengan memainkan music dan minum-minum kapanpun mereka mau.
10. Siren
Makhluk yang cantik namun mematikan, mereka seringkali digambarkan sebagai makhluk yang memiliki wajah yang cantik yang memikat para pelaut dengan suaranya yang merdu dengan tujuan agar kapal para pelaut karam di pulau berbatu dimana mereka tinggal.
9. Griffin
Griffin adalah makhluk mitos yang memiliki tubuh, ekor, dan kaki belakang seekor singa; dan kepala dan sayap seekor elang; kaki depannya juga merupakan cakar elang. Sebagaimana singa selalu disebutkan sebagai raja segala binatang dan elang merupakan raja segala burung, maka griffin dianggap sebagai makhluk yang kuat dan penuh keagungan.
8. Chimera
Chimera adalah monster penyembur api dari Lycia yang berlokasi di Asia Minor yang tubuhnya terdiri dari tiga bagian hewan yang berbeda yaitu singa,ular dan kambing. Kata “chimera” telah menjadi istilah umum untuk menyebutkan setiap makhluk mitos ataupun fiksi yang bagian tubuhnya terdiri dari bermacam hewan.
7. Cerberus
Anjing berkepala tiga atau “anjing neraka”, Cerberus bertugas menjaga gerbang menuju Underworld untuk mencegah siapapun yang telah melewati sungai Styx untuk kembali.
6. Cyclops
Salah satu makhluk raksasa pertama yang hadir di bumi, mereka memiliki sebuah mata ditengah mukanya. Nama “Cyclops” sering disebut memiliki arti “mata membulat”.
5. Hydra
Hydra adalah makhluk yang tinggal di air yang menyerupai naga dan ciri-ciri sebagaimana reptil dan memiliki banyak kepala – para penyair puisi menggambarkannya dengan begitu banyak kepala yang tidak dapat semuanya dapat digambarkan oleh pelukis. Untuk setiap kepalanya yang terpotong, maka akan muncul dua kepala baru. Hydra juga memiliki nafas beracun dan darah yang mematikan yang bahkan bekas tetesannya sangat mematikan.
4. Gorgon
Gorgon yang paling terkenal dalam mitologi Yunani adalah Medusa, satu-satunya gorgon yang tidak abadi diantara tiga bersaudara yang memiliki rambut yang terdiri dari ular dengan tatapan yang dapat membuat setiap makhluk berubah menjadi batu. Dia dibunuh oleh Perseus yang bersenjatakan sabit (scythe) dan kaca.
3. Centaur
Centaur adalah makhluk mitos dengan kepala, tangan dan bagian tubuh atas seorang manusia dan tubuh bawahnya berupa tubuh dan kaki kuda. Centaur yang paling terkenal dalam mitologi Yunani adalah Chiron. Chiron memiliki sifat yang sangat berbeda dari para centaur lainnya yang bersifat kasar dan peminum berat. Chiron memiliki kecerdasan dan kemampuan penyembuhan yang sangat hebat.
2. Pegasus
Salah satu makhluk paling terkenal dalam mitologi Yunani. Pegasus merupakan kuda bersayap berwarna putih. Pegasus merupakan keturunan dari Poseidon dan Medusa dan legenda mengatakan bahwa setiap kali Pegasus menginjakkan kakinya di tanah, maka keluarlah mata air dari tanah.
1. Minotaur
Minotaur adalah makhluk berkepala banteng dan bertubuh manusia. Dia tinggal ditengah Labirin Creta, yang merupakan sebuah labirin besar dan rumit yang dirancang oleh arsitek bernama Daedalus dan anaknya Icarus. Minotaur pada akhirnya dapat dikalahkan seorang pahlawan dari Athena yang bernama Theseus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s